Sejarah Singkat
Laboratorium Fisika Dasar FMIPA Universitas Syiah Kuala (USK) didirikan seiring dengan berdirinya Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) USK pada tahun 1989. Sebagai bagian integral dari Departemen Fisika, laboratorium ini bertujuan untuk mendukung kegiatan pembelajaran praktikum fisika dasar bagi mahasiswa program sarjana, khususnya dalam memahami konsep-konsep dasar fisika melalui pendekatan eksperimental.
Pada awal berdirinya, fasilitas dan peralatan laboratorium masih terbatas. Sebagian besar peralatan merupakan bantuan hibah dari institusi lain, sementara kegiatan praktikum lebih banyak berfokus pada eksperimen-eksperimen sederhana seperti mekanika dan listrik. Dengan berkembangnya universitas, Laboratorium Fisika Dasar terus mengalami peningkatan, baik dalam hal fasilitas, staf pengajar, maupun perangkat eksperimen.
Pada tahun 2000-an, laboratorium ini mulai mengintegrasikan teknologi modern untuk mendukung proses praktikum. Beberapa perangkat seperti sensor digital, osiloskop modern, dan perangkat lunak pendukung analisis data diperkenalkan untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih relevan dengan perkembangan ilmu pengetahuan.
Selain mendukung kegiatan pembelajaran, laboratorium ini juga menjadi pusat penelitian dan pengembangan, terutama untuk tugas akhir mahasiswa serta pelatihan bagi guru-guru fisika di Aceh. Laboratorium Fisika Dasar juga aktif berkontribusi dalam pengabdian kepada masyarakat melalui pelatihan eksperimen fisika sederhana bagi siswa sekolah menengah dan partisipasi dalam kegiatan ilmiah seperti roadshow dan workshop.
Hingga kini, Laboratorium Fisika Dasar FMIPA USK terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas layanan melalui pengembangan kurikulum berbasis OBE (Outcome-Based Education), pelatihan asisten laboratorium, dan penyediaan fasilitas yang lebih baik. Tujuannya adalah untuk menciptakan lingkungan belajar yang inovatif dan mendukung pengembangan kompetensi mahasiswa dalam bidang fisika.
Menjadi laboratorium fisika dasar yang unggul dalam pengembangan kemampuan eksperimental mahasiswa, mendukung pencapaian lulusan yang berwawasan sosio-sainspreneur yang inovatif, mandiri, dan terkemuka secara global pada tahun 2035